YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Sekolah Unggulan adalah: Pengertian, Syarat, dan Konsepnya

 

Tentu Anda sudah sering mendengar istilah “Sekolah Unggulan”, bukan? Sekolah unggulan adalah sekolah yang memiliki konsep dan syarat tertentu. Seperti apa?
sekolah unggulan adalah
ciri-ciri sekolah unggulan, contoh sekolah unggulan, perbedaan sekolah unggulan dan sekolah biasa, konsep sekolah unggulan

Sebagai orang tua yang sedang mencarikan sekolah untuk anaknya, tentu Anda sudah sering mendengar istilah Sekolah Unggulan, bukan? Pada dasarnya, sekolah unggulan adalah istilah untuk lembaga pendidikan yang memiliki visi jauh ke depan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro merupakan yang mencetuskan istilah tersebut di tahun 1994. Menurut Pak Menteri kala itu, istilah sekolah unggulan sendiri bukan untuk diskriminasi, melainkan untuk mendukung distribusi ilmu pengetahuan yang setara di tiap-tiap provinsi.

Lalu, apa saja ciri-ciri sekolah unggulan? Haruskah memasukkan si buah hati ke sekolah dengan label “unggulan”? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Sekolah Unggulan?

Seperti penjelasan sebelumnya, sekolah unggulan merupakan sekolah yang memiliki visi yang jauh ke depan. Namun saat ini istilah tersebut memiliki esensi yang lebih dalam.

Sekolah yang unggul memang dikembangkan untuk mendapatkan achievement yang tinggi. Oleh karena itu, sekolah akan menyediakan input terbaik, mulai dari tenaga pendidik, manajemen sekolah, sarana dan fasilitas, layanan pendidikan, serta aspek pendukung lainnya, demi output yang menjanjikan.

Tidak hanya menyediakan input yang baik saja, namun sekolah juga memberikan treatment khusus agar siswa yang tadinya biasa-biasa saja mampu meraih prestasi yang luar biasa. Hal tersebut tentu saja menjadi perbedaan sekolah unggulan dan sekolah biasa.

Syarat Menjadi Sekolah Unggulan

Pada dasarnya, gelar “Sekolah Unggulan” diberikan oleh dinas terkait. Namun secara umum, sekolah yang unggul setidaknya memenuhi dua unsur berikut, yaitu”:

  1. Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
  2. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan bernalar, mengasah kualitas pribadi, dan mampu mengembangkan potensi diri.

Tidak hanya di dalam negeri saja, negara besar seperti Amerika Serikat juga menggunakan istilah sekolah unggulan. Sekolah yang memiliki title ini harus memenuhi beberapa syarat berikut, seperti:

       Menguasai basic life skills.

       Berusaha mencapai academic excellence di seluruh mata pelajaran.

       Keberhasilan terbukti melalui evaluasi sistematis berskala nasional.

Oleh karena itu, bisa dibilang sekolah unggulan tidak semata-mata sekolah yang memiliki gedung mewah, fasilitas bagus, dan juga biaya yang relatif mahal.

Konsep Sekolah Unggulan

Perlu Anda ketahui bahwa sekolah yang menyandang gelar unggulan tidak terpatok pada satu definisi saja. Di Indonesia sendiri setidaknya ada tiga tipe sekolah unggul, di antaranya adalah:

       Tipe pertama adalah yang peserta didiknya memiliki kualitas akademik di atas rata-rata dan sering berprestasi di kancah lokal, nasional, maupun internasional.

       Sekolah unggul tipe II adalah sekolah yang biayanya cenderung lebih mahal karena fasilitasnya lebih baik daripada sekolah pada umumnya.

       Lalu tipe III adalah sekolah yang memprioritaskan iklim belajar yang sangat sehat dan positif.

Anda tentunya mengharapkan si kecil menempuh pendidikan di tempat terbaik sejak dini, bukan?

Akhir Kata

Tentunya sebagai orang tua, Anda ingin sang buah hati bersekolah di tempat yang tepat. SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro adalah contoh sekolah unggulan yang ada di Lampung.

Memiliki struktur manajemen yang baik dan tenaga pengajar berpengalaman, kami berkomitmen mencetak generasi yang unggul dan juga berakhlak mulia.

Kami pun memahami bahwa usia SD adalah masa yang tepat untuk membentuk karakter. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih tempat pendidikan untuk anak.

Lebih dari apapun, sekolah unggulan adalah SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro. Hubungi kontak yang tertera untuk informasi lebih lanjut tentang kamu atau langsung isi formulir pendaftaran di bawah ini sekarang juga.


Ilham Azzam Khairurrizqi,M.Pd

www.sdmusp.sch.id


Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts