YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Hak dan Kewajiban Siswa di Sekolah, Wajib Tahu

 

Apa hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah? Berikut adalah penjelasan yang bisa Anda tanamkan kepada anak sejak dini, bahkan ketika baru mulai sekolah.
kewajiban sebagai siswa di sekolah
hak sebagai siswa di sekolah, contoh kewajiban sebagai siswa di sekolah, kewajiban anak di sekolah, kewajiban siswa adalah
Photo by MChe Lee on Unsplash

Anda mungkin kerap merasa khawatir melepaskan sang buah hati di sekolah sendirian. Misalnya takut dia sulit beradaptasi, pelajaran yang mungkin masih asing, atau berkonflik dengan teman. Namun dengan memahami hak dan kewajiban sebagai siswadi sekolah, anak bisa lho, belajar menjadi mandiri dan bertanggung jawab.

Dengan mengajarkan anak hak dan kewajibannya selama di sekolah, mereka jadi lebih mudah beradaptasi dan memahami orang lain, serta lingkungan barunya. Nah, agar Anda tidak panik dan khawatir secara berlebihan, berikut ini kami jelaskan apa saja yang menjadi hak dan kewajiban anak ketika di sekolah.

Hak dan Kewajiban Anak di Sekolah

Tentu saja Anda sudah sering mendengar istilah hak dan kewajiban. Tidak hanya sebagai warga negara, sang buah hati sebaiknya sudah mengenal hak dan kewajiban mereka selama di sekolah.

Hak Anak di Sekolah

Sejatinya, manusia mendapatkan haknya setelah melaksanakan kewajiban. Lalu, apa saja haksebagai siswa di sekolah?

  1. Anak Anda berhak mendapatkan materia pelajaran yang bermutu dan komprehensif.
  2. Selain itu, buah hati pun memiliki hak untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah.
  3. Seperti menjadi warga negara pada umumnya, anak juga memiliki hak untuk menyampaikan pertanyaan dan pendapat.
  4. Terlepas dari latar belakang siswa yang beragam, mereka berhak mendapatkan perlakuan yang adil.

Namun seperti penjelasan di awal, hak adalah sesuatu yang akan diperoleh siswa apabila kewajibannya di sekolah telah tunai.

Apa Saja Kewajiban sebagai Siswa di Sekolah?

Nah, setelah memahami beberapa hal yang menjadi hak anak Anda ketika di sekolah, sekarang saatnya Anda memahami berbagai kewajiban para siswa ketika berada di lingkungan sekolah.

Seringkali Anda sebagai orang tua – dan juga banyak pihak di luar sana – yang menyebutkan bahwa kewajiban siswa adalah belajar. Hal tersebut memang tidak salah, namun itu bukan satu-satunya kewajiban yang harus para siswa kerjakan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kewajiban sebagai siswa di sekolah. Menekankan hal ini pada anak sejak dini akan membuat sang buah hati lebih nyaman ketika bersekolah, memiliki rasa tanggung jawab, dan sebagai orang tua pun Anda merasa tenang melepaskan anak menghabiskan waktu di sekolah.

  1. Sebagai siswa, anak harus turut menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan sekolah. Langkah dasar yang bisa Anda ajarkan adalah membuang sampah pada tempatnya dan bersikap baik terhadap sesama.
  2. Selain itu, hal utama yang harus siswa lakukan adalah mengikuti proses belajar dengan baik.
  3. Menaati peraturan tidak hanya dengan datang ke sekolah tepat waktu namun juga membantu proses belajar mengajar yang tenang, lancar, dan tidak gaduh.
  4. Berperilaku luhur di luar lingkungan sekolah dan menjaga nama baik almamater.
  5. Mengenakan pakaian sesuai dengan anjuran dan peraturan sekolah.

Akhir Kata

Kami memahami pentingnya menanamkan rasa tanggung jawab pada anak sejak dini. Oleh karena itu SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro berkomitmen mencerdaskan generasi muda  dengan pendidikan yang seimbang.

Tidak hanya berinovasi di bidang akademik, tenaga profesional kami yang berpengalaman juga mempersiapkan generasi penerus yang cinta agama, berakhlak mulia, dan memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Selain itu, usia dini adalah masa keemasan untuk membentuk karakter seorang anak, yang menjadi bekal di masa depannya nanti. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak salah pilih sekolah untuk sang buah hati.

Segera hubungi kontak kami yang tertera atau langsung saja isi formulir yang ada di bawah ini. SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro tidak hanya mengajarkan kewajiban sebagai siswa di sekolah, namun juga menanamkan nilai-nilai kehidupan sejak dini.


Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts