YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

5 Akhlak Terhadap Guru yang Wajib Diajarkan kepada Anak

 

Menghormati yang lebih tua adalah salah satu adab yang anak wajib paham. Berikut ini adalah akhlak terhadap guru yang harus diajarkan pada anak sejak dini.
akhlak terhadap guru
adab murid terhadap guru, akhlak terhadap guru dalam Islam, akhlak murid terhadap guru, akhlak kepada guru

Penting sekali mengajarkan anak tentang akhlak terhadap guru sejak dini, mengingat ia menghabiskan sebagian waktunya berada di sekolah. Namun hal itu tidak mungkin terjadi begitu saja.

Oleh karena itu, kerja sama orang tua di rumah, lingkungan sekitar, dan tempat menimba ilmu harus terjalin dengan baik. Lalu apa saja akhlak dan adab terhadap guru yang harus ditanamkan pada anak sejak dini?

Contoh Akhlak Terhadap Guru

Di bawah ini, Anda akan membaca beberapa contoh akhlak kepada guru yang sebaiknya sudah tertanam di benak anak sejak dini.

  1. Memuliakan Guru

Hal pertama dana yang paling utama terkait akhlak terhadap guru dalam Islam adalah selalu memuliakan guru. Memuliakan di sini memiliki arti menghormati dan menghargai keberadaan mereka. Guru bukan sekadar orang yang lebih tua, namun juga penyebar ilmu dan kebaikan di muka bumi.

  1. Mendoakan Kebaikan

Tidak ada yang lebih mulia daripada terus mendoakan guru. Anak tentunya menyadari bahwa guru yang ada di sekolah adalah orang tua kedua. Bahkan sekarang ini anak-anak menghabiskan sebagian waktunya bersama tenaga pengajar di sekolah.

Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan anak agar senantiasa mendoakan keselamatan, kesehatan, dan segala kesehatan untuk para gurunya.

  1. Meneladani Ilmu dan Akhlaknya

Salah satu akhlak murid terhadap guru yang perlu Anda ajarkan kepada anak adalah meneladani ilmu yang guru ajarkan. Bahkan memang sebaiknya guru dengan akhlak yang mulia menjadi contoh teladan bagi anak, terlepas dari kekurangan mereka sebagai manusia.

Apabila anak telah diajarkan untuk selalu meneladani ilmu dan akhlak baik dari guru, maka anak pun tidak akan menuntut guru untuk menjadi sempurna.

  1. Bertutur Lemah Lembut

Salah satu adab murid terhadap guru yang utama adalah bertutur yang lembut. Selain itu, penting sekali untuk mengajarkan pada anak bahwa bicara dengan sesama dengan cara tidak sambil berteriak maupun menggunakan kata-kata kasar.

  1. Mengucapkan Salam

Bagaimana jika anak berpapasan dengan guru di luar sekolah? Sebaiknya Anda juga mengajarkan pada anak untuk menyapa dengan mengucapkan salam. Jangan sampai anak malah menghindar, dengan alasan apa pun. Bagaimanapun, menyapa dan mengucapkan salam adalah akhlak mulia terhadap sesama.

Sekolah Unggulan Pencetak Generasi Berakhlak Mulia

Bersikap baik terhadap sesama merupakan salah satu kewajiban sebagai umat Nabi Muhammad saw. Terlebih dari anak kepada guru, adab dan akhlak sebaiknya tetap terjaga.

Namun hal itu tentu tidak akan terjadi tanpa bimbingan orang tua dan juga lingkungan sekitarnya. SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro berkomitmen untuk membimbing siswa-siswa dengan pengajaran yang seimbang.

Kami memahami bahwa selain unggul dalam bidang akademik, penting sekali menanamkan akhlak yang baik sejak dini. 

Bersama tenaga pendidik yang berpengalaman dan kompeten pada bidangnya, serta sekolah yang memiliki fasilitas lengkap, kami mencetak generasi penerus berakhlak mulia, cinta Islam, unggul dalam ilmu pengetahuan, dan mengasihi sekitarnya.

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kontak yang tertera. Anda juga bisa langsung mengisi formulir yang tersedia di akhir halaman ini.

Akhir Kata

Usia anak-anak adalah saat yang tepat untuk membentuk karakter. Oleh karena itu, Anda perlu sekolah yang memiliki komitmen khusus dalam mencetak generasi unggul.

Selain mengajarkan akhlak terhadap guru, SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro juga melengkapi berbagai fasilitas untuk keberlangsungan proses belajar mengajar yang lancar. Menyekolahkan sang buah hati di sini adalah keputusan yang tepat, tentu saja.

Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts