YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

6 Keunggulan Sekolah Dasar Muhammadiyah

 



Sekolah Dasar Muhammadiyah dapat dijadikan batu loncatan untuk bagi semua kelompok masyarakat yang ingin memiliki pemikiran luas dan terbuka.

Sebagai sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah hingga saat ini memfokuskan dirinya untuk membawa perubahan Islam yang lebih modern.

Organisasi ini juga memiliki sistem pendidikan yang sekarang sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia, mulai dari sekolah dasar muhammadiyah hingga ke institusi.

Tujuan organisasi muhammadiyah adalah membangun suatu kelompok Muslim yang berpikir terbuka, rasional dan mampu beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidikan Muhammadiyah juga tidak hanya fokus pada nilai di atas kertas, tetapi juga bagaimana kualitas interaksi sosial para pelajarnya.

Berikut ini adalah keunggulan sekolah Muhammadiyah menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir.

  1. Gerakan Tajdid Dalam Beragama

Tajdid atau pembaharuan memang sudah lama dilakukan oleh organisasi Islam satu ini. Muhammadiyah pertama kali diketuai oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan dan pertama kali didirikan pada 18 November 1912.

Motif dari pembentukan ini sejalan dengan keinginan KH Ahmad Dahlan dalam melakukan perubahan pandangan Islam terhadap ilmu pengetahuan.

Agama Islam bukanlah agama sekuler dan kaku, agama ini dapat beradaptasi dengan tetapi membawa prinsip keislaman. Dengan begitu pendidikan Muhammadiyah berpotensi menciptakan orang-orang dengan pemikiran luas dan terbuka.

  1. Sumber Daya Manusia yang Berlimpah

Sekolah Muhammadiyah memiliki SDM yang berlimpah dari orang-orang yang datang dari berbagai sektor dan ahli di berbagai bidang. Dengan ketersediaan SDM yang berlimpah membuatnya memiliki orang-orang berbakat yang dapat mengajarkan pendidikan lebih baik.

Selain itu, jumlah SDM yang berlimpah juga menjadi bukti bahwa organisasi ini memang membawa keinginan KH Ahmad Dahlan dalam menjaring semua orang.

  1. Peran Sosial yang Tinggi

Keunggulan sekolah Muhammadiyah dari sekolah lainnya adalah peran pelajar dan pengajarnya yang aktif dalam masalah sosial. Ya, ini memang merupakan ciri utama dari organisasi Islam satu ini sejak awal berdiri sebagai organisasi yang bergerak di bidang layanan sosial.

Para pelajar di sana tidak hanya giat mengejar nilai di atas kertas putih, tetapi juga harus aktif bersosialisasi terhadap lingkungannya. Ini untuk menumbuhkan rasa respek dan rasa kemanusiaan, bahwa manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama.

  1. Memiliki Sisi Intelektual yang Tinggi

Pendidikan yang diberikan oleh anak-anak harus menjamin kalau pendidikan tersebut dapat membawanya kebahagiaan dunia dan akhirat.

Budaya keilmuan merupakan salah satu prioritas dalam membangun pendidikan organisasi tersebut. Dengan adanya sistem yang telah dirancang sebagai kesatuan yang utuh serta memiliki SDM yang berlimpah.

Tingkat pendidikan Muhammadiyah baik itu pendidikan dasar maupun tinggi akan memiliki budaya keilmuan yang mencangkup segala bidang.

  1. Amaliyah yang Berkemajuan

Sistem pembelajaran Muhammadiyah menjadi unggul karena organisasinya mengajarkan pemahaman Islam yang bersifat amaliyah yang berkemajuan. Secara bahasa amaliyah dapat diartikan sebagai proses kegiatan yang sedang berlangsung.

Proses pekerjaan, pembelajaran dan pemahaman yang dipakai oleh organisasi ini sangat berbeda pada umumnya. Ini menerapkan sistem pembelajaran yang membawa para pelajarnya untuk terus melangkah maju dengan melihat perkembangan dunia secara langsung.

  1. Bergerak Untuk Kepentingan Bangsa dan Negara

Haedar Nashir mengatakan kalau Muhammadiyah semata-mata melakukan dakwah hanya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sebagai bukti mereka membangun Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di segala bidang di Indonesia seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dsb. Itu semua dibangun dengan tujuan membantu pemerintah dalam upaya membangun negeri ini lebih maju.

Kesatuan sistem pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah patut dihargai dalam upayanya membangun kualitas masyarakat yang lebih unggul.

Sekolah Dasar Muhammadiyah dapat dijadikan batu loncatan bagi kelompok masyarakat yang ingin membangun negeri ini lebih maju di berbagai bidang. Semoga kedepannya Muhammadiyah mampu menunjukkan lebih kalau Islam adalah agama revolusioner.

Related Posts
SDMu SANG PENCERAH METRO
SD MUHAMMADIYAH SANG PENCERAH METRO Merupakan Masterpiece Persyarikatan Muhammadiyah Metro dalam membangun Pendidikan Unggul. "School of Excellence"

Related Posts

Posting Komentar