YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

7 Quote Tentang Parenting yang Anda Harus Tau

 



Parenting adalah pekerjaan sepanjang masa, untuk umat beragama Islam harus sesuai Alquran. 7 quotes tentang parenting yang Anda harus tau sesuai  Alquran.


Mendidik anak merupakan pekerjaan yang durasinya tidak terbatas atau sepanjang masa. Dalam mendidik anak yang sesuai dengan ajaran Islam juga memiliki tantangannya tersendiri. 7 quotes tentang parenting yang Anda harus tau berikut dapat dijadikan penyemangat saat mendidik anak.

Quotes berikut merupakan kata penyemangat yang diambil dalam Alquran. Tentunya setiap dasar harus diambil dari dalam kitabullah. Tidak terkecuali juga bagaimana parenting yang baik.

Terdapat banyak sekali quotes islami tentang anak dalam Alquran. Namun berikut adalah rangkuman untuk 7 kata-kata bijak yang dapat Anda pahami dan contoh.

  1. Harta dan anak-anak hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi  Allahlah pahala besar

Seperti yang telah tertera diatas bahwa anak adalah sebuah bentuk cobaan yang dititipkan oleh Allah untuk hambanya. Tentunya tidak hanya sampai disitu saja, walaupun dalam bentuk cobaan, Allah menghadiahi pahala yang besar dalam melakukannya. Quote tersebut berasal dari QS. Al Anfal ayat 28.

  1. Dalam Hadis, “Tidak ada pemberian yang lebih utama dari orangtua kepada anaknya, selain akhlak yang mulia”

Kata bijak selanjutnya adalah yang diambil dari hadis nabi. Yang mana pemberian yang lebih baik dan tentunya mulia dari orangtua untuk anaknya adalah dalam bentuk akhlak. Tentunya akhlak disini sesuai dengan ajaran Islam dan bagaimana manusia harus sosialisasi dengan manusia lainnya atau silaturahmi.

  1. Menurut Ali bin Abi Thalib RA “Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu, karena mereka tidak terlahir di zamanmu”

Sahabat nabi juga memiliki kata-kata parenting yang begitu baik dan bijak. Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa dalam mendidik anak haruslah disesuaikan dengan zamannya.

Karena ketika Anda mendidik seperti bagaimana Anda dididik dahulu akan membuat anak Anda merasa tidak adil. Hal ini akan berakibat nantinya anak akan melakukan protes dan merasa semua hal yang Anda ajarkan tidak masuk dalam akalnya.

  1. Dalam hadis “Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi anak-anak dan tidak menghormati orang yang dituakan diantara kami”

Kata bijak selanjutnya adalah berdasarkan hadis. Dalam hadis ini diatas dijelaskan bahwa umat yang beragama Islam memiliki ciri khas yaitu yang menyayangi anak-anak dan orang tuanya. Dalam mengaplikasikan kasih sayang ini bisa menggunakan ungkapan sayang untuk anak maupun orangtua.

  1. Jangan membesarkan seorang anak untuk menghasilkan rezeki untuk Anda. Namun besarkanlah untuk beribadah kepada Allah, maka rezeki akan datang mengikuti

Banyak sekali orangtua yang mendidik anaknya, agar anaknya sukses dan bisa membantu orangtuanya. Namun tujuan mendidik anak adalah untuk beribadah kepada Allah menurut Ibnu Utsaimin.

Prinsip ini cukup keliru, karena sebagai umat beragama Islam, didiklah anak untuk beribadah kepada Allah. Tentunya  rezeki tersebut akan datang dengan sendirinya, disaat semuanya Anda gantungkan pada Allah.

  1. Menurut Mufti Ismail Menk “Bersabar dalam mendidik anak-anak kita adalah sebuah amal ibadah”

Dalam mendidik anak, banyak sekali tantangannya. Tidak terkecuali ketika anak Anda sangat hiperaktif atau bandel. Anda tidak perlu khawatir, seperti janji Allah mendidik anak adalah bentuk dari amal ibadah yang berbuah pahala yang besar.

  1. Larangan mempersekutukan Allah, karena mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar

Kandungan dalam ayat tersebut adalah perintah dalam Alquran yang mana mendidik anak untuk menyembah Allah. Kata-kata nasehat untuk anak selanjutnya sesuai dalam Alquran surat Luqman. Karena sikap menyekutukan Allah adalah salah satu bentuk kezaliman yang besar.

Kata bijak diatas merupakan quotes yang terdapat dalam Alquran dan tentunya menjadi bagian dari perintah Allah. Semoga artikel terkait 7 quotes tentang parenting yang Anda harus tau, yang tentunya baik untuk dilakukan.

Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts