YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Bullying di Sekolah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tindakan bullying tidak jarang terjadi di lingkungan sekolah. Ketahui penyebab dan cara mengatasi bullying di sekolah, agar anak Anda tetap nyaman belajar!
bullying di sekolah
contoh bullying di sekolah, penyebab bullying di sekolah, dampak bullying di sekolah, cara mengatasi bullying di sekolah, apa itu bullying
Photo by Chris Hardy on Unsplash

Tindakan bullying di sekolah sering kali terjadi dan hingga kini masih menjadi persoalan serius. Padahal, lingkungan pendidikan merupakan tempat untuk belajar menuntut ilmu. Apabila anak Anda menjadi korban perisakan, maka proses kegiatan belajar mengajarnya akan terhambat.

Apa itu bullying? ini merupakan tindakan tidak terpuji dengan melakukan kekuasan guna menyakiti seseorang secara fisik, lisan, atau mental. Dengan demikian korban merasa tidak berdaya atau tertekan.

Bentuk tindakan yang kerap terjadi, adalah perundungan dalam bentuk ledekan, godaan, hingga ejekan. Tidak jarang hal ini kemudian berkembang menjadi tindakan fisik yang cenderung menyakiti, seperti memukul, menendang atau terburuk pemerkosaan.

Penyebab Perundungan

Jika bicara mengenai penyebab bullying di sekolah, umumnya pelaku tindakan ini punya alasan tersendiri mengapa melakukannya. Mereka terkadang hanya ingin mencari perhatian atau mendapatkan atensi dari teman atau orang tua. Ia merasa ingin menjadi sosok yang menonjol dan menjadi pemimpin.

Kemudian, ada pula aksi yang didasari lantaran meniru adegan film atau aktivitas orang dewasa. Hal ini lantaran kurangnya pengawasan sehingga filter terhadap konten kurang pantas tidak berjalan dengan semestinya.

Pelaku juga bisa bertindak demikian karena aspek dalam kehidupannya kurang terpenuhi atau tidak memiliki harga diri yang cukup. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, sebelumnya sudah menjadi korban perundungan dan ingin membalaskan dendam terhadap orang lain.

Bentuk Tindakan yang Umum Terjadi

Ada banyak contoh bullying di sekolah yang kerap terjadi. Yang pertama, adalah berupa ejekan, menyampaikan candaan yang berlebihan, mengumbar aib atau rahasia seseorang, atau menertawakan. Kemudian, beralih ke tindakan fisik seperti meludahi, menendang, hingga mendorong.

Lalu, menyampaikan informasi yang tidak benar atau enggan bermain dengan teman secara umum. Termasuk memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan intimidasi atau menyebarkan informasi pribadi orang lain. Bentuk perisakan tersebut perlu Anda kenali demi menjaga putra dan putri Anda.

Dampak Negatif

Anda harus mengetahui dampak bullying di sekolah. Tindakan tersebut akan membuat siswa mengalami kerugian fisik hingga mental. Tidak jarang membuat mereka enggan kembali mengikuti aktivitas pendidikan lantaran merasa tertekan.

Anda perlu waspada apabila anak mengalami tanda-tanda seperti terkena tekanan mental, cemas, sedih, gangguan pola makan dan tidur, penurunan prestasi, sering meninggalkan kelas hingga kondisi kesehatan menurun.

Cara Mengatasi Bullying di Sekolah

Ada beberapa langkah untuk menghentikan perbuatan merugikan tersebut. Berkaca pada ciri-ciri di atas, Anda wajib segera mengambil tindakan.

Apabila anak Anda sering terlihat murung dan enggan bersekolah, dekatkan diri Anda dan cobalah ajak berbicara. Biarkan situasi tenang kemudian bicaralah.

Kemudian, luangkan waktu dengan melakukan aktivitas positif untuk menghindarkan buah hati dari keterpurukan. Jangan pula hakimi atau salahkan mereka.

Komunikasikan segala yang terjadi, termasuk kepada orang tua pelaku perundungan. Ajak mereka saling berdamai dan memaafkan satu sama lain.

Kesimpulan

Bullying di sekolah bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan fisik. Maka hentikan perundungan dan segera langkah nyata untuk mencegahnya. Apabila anak Anda menjadi korban, segera hubungi pihak terkait atau wali kelas untuk membahasnya.

Dengan bertemu langsung pihak institusi pendidikan, maka Anda menunjukkan adanya komitmen untuk penanganan serius kasus perisakan. Penting antara Anda dan pihak tersebut bekerja sama menciptakan suasana belajar yang aman serta nyaman.

SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro menerapkan metode untuk membantu murid belajar lebih baik, termasuk antiperundungan. Daftarkan putra putri Anda di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro, Sekolah islami dengan sistem pendidikan untuk memaksimal potensi anak.


Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts