YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Tips Mendidik Anak dengan Parenting Islami

 

mendidik anak dengan metode parenting islami sangatlah penting khususnya bagi keluarga muslim. Tujuannya agar anak tumbuh menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa.
parenting Islami
Pengertian parenting islami, Metode parenting islami, tips mendidik parenting Islami

Sebagai orang tua yang beragama Islam, tentu penting untuk menerapkan parenting Islami agar anak tumbuh dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Apalagi anak kecil hatinya masih suci dan bersih sehingga harus terasah dengan kebaikan. Pahala jariyah pun kelak akan mengalir untuk kedua orang tuanya.

Pengertian Parenting Islami

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kini semakin mudah untuk mencari wawasan dan ilmu parenting. Pengertian parenting islami pada dasarnya adalah pola pengasuhan yang bertujuan untuk mendidik anak agar menjadi manusia berakhlak dan berkarakter mulia sesuai anjuran agama Islam.

Sudah menjadi tugas orang tua baik ayah maupun ibu untuk mendidik anak dengan sebaik mungkin sebagai bekal ketika mereka dewasa kelak. Metode parenting islami menjunjung tinggi ajaran Islam sebagai prinsip utama dengan mengikuti apa yang Rasulullah contohkan.

Parenting islami berkaitan erat dengan menanamkan rasa cinta kepada Allah, Rasulullah, dan agama. Anak yang mendapatkan pendidikan Islami sejak dini biasanya akan menjadi pribadi religius dan berkarakter mulia. Tentu itu semua tidak lepas dari peran orang tua dan lingkungan keluarga yang mendidiknya.

Tips Mendidik Anak Ala Parenting Islami

Dewasa ini, tipe parenting memang semakin beragam dan ilmunya bisa dengan mudah Anda dapatkan melalui media di internet. Salah satunya adalah metode parenting Islami yang sangat dianjurkan untuk diterapkan pada keluarga muslim. Berikut ini beberapa tips mendidik anak dengan metode ini, di antaranya:

  1. Menautkan Hati Anak dengan Allah

Saat masih kecil, mungkin anak belum terlalu begitu paham dengan apa itu agama, beriman, bertaqwa, dan lainnya. Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua adalah dengan menautkan hati anak agar senantiasa mencintai Allah. Contohnya dengan memberi tahu kebesaran Allah, nikmat dan anugerah dari Allah, dan lainnya.

  1. Menanamkan Keimanan Sejak Dini

Iman artinya adalah percaya. Iman kepada Allah dan Rasulullah penting untuk orang tua tanamkan sejak dini agar mereka senantiasa mencintai Allah dan Rasulullah serta takut akan siksaan-Nya. Caranya bisa dengan berbicara tentang sifat dan nama-nama Allah (Asmaul Husna), keharusan mengesakan Allah, dan lainnya.

  1. Menanamkan Rasa Hormat Kepada Al Quran

Mengajarkan huruf hijaiyah dan cara membaca Al Quran perlu Anda lakukan sejak dini terhadap anak-anak. Sehingga akan lebih mudah menumbukan kecintaan mereka dalam membaca Quran. Jangan lupa untuk juga mengajarkan tentang etika memegang Al Quran, memuliakan musha, serta mendengarkan tilawah.

  1. Mengajarkan Anak Tentang Dzikir

Dzikir artinya mengingat Allah dan merupakan salah satu anjuran amalan sunnah. Dengan mengajarkan kalimat dzikir kepada anak, maka mereka pun akan lebih mudah hati dan lisannya untuk senantiasa mengucapkan dzikir. Karena tak bisa dipungkiri semakin dewasa mereka akan menghadapi lingkungan yang beragam.

  1. Mengajari Ibadah Sholat

Meskipun masih kecil dengan umur di bawah lima tahun, maka mengajarkan sholat juga bisa Anda lakukan sejak anak masih dini. Karena pada masa golden age ini perkembangan anak begitu pesat dan cepat. Fase ini merupakan tahapan pertama dalam masa pertumbuhan mereka.

Biasakan anak untuk menjalankan ibadah sholat dengan cara mengajak mereka sholat berjamaah. Tidak masalah meskipun mereka belum hafal gerakan dan bacaannya, setidaknya mereka tahu dan paham bahwa sholat itu wajib. Ketika mereka sudah dewasa tidak sulit untuk membiasakannya.

  1. Mengajari Anak Sikap Menghargai dan Menghormati

Dalam tips mendidik parenting Islami tidak hanya berpaku pada ilmu agama yang berkaitan dengan keimanan dan membaca Al Quran. Namun, hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana mengajari anak tentang sikap menghargai dan menghormati terhadap orang yang lebih tua terutama orang tuanya sendiri.

Sebagai orang tua cukup menjadi teladan untuk anak dan tunjukkan dengan tindakan sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan prinsip Islam. Karena sejatinya anak adalah peniru ulung sehingga mereka pun akan lebih sering mencontoh apa yang ada di sekitarnya.

Mendidik anak dengan parenting Islami sangatlah penting terutama bagi keluarga muslim. Karena mereka memiliki tanggung jawab dalam membesarkan anak-anaknya dalam mengajari keimanan dan ketaqwaan.

Related Posts

Related Posts