YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Cara Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

 

Ucapan yang umum di pernikahan adalah “Semoga jadi keluarga sakinah mawaddah warahmah!”. Apa maknanya dan bagaimana mewujudkannya? Cari tahu di sini
keluarga sakinah mawaddah warahmah
Contoh sakinah mawaddah warahmah, semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, doa keluarga sakinah mawaddah warahmah, maksud keluarga sakinah mawaddah warahmah

Apa sih, arti keluarga sakinah mawaddah warahmah? Apakah semua keluarga yang ada di muka bumi ini sudah pasti sakinah mawaddah warahmah?

Ucapan tersebut sebenarnya adalah doa yang baik, namun belum banyak yang memahami makna sebenarnya. Bahkan menurut berbagai sumber, sebuah keluarga perlu menanamkan nilai-nilai tertentu yang sesuai syariat sehingga tercapai sebagai keluaga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Nah, di artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa hal mengenai doa yang satu ini. Simak rangkuman kami dari berbagai sumber di bawah ini.

Makna Sakinah Mawaddah Warahmah?

Seperti penjelasan di awal, ungkapan “Semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah” tidak hanya sebatas ucapan saja. Hal tersebut menjadi landasan dalam berumah tangga, seperti yang tertera dalam surat Ar-Rum ayat 21.

Allah Swt. menciptakan wanita dengan segala kebaikan dan kekuatannya, sehingga dapat menjadi tempat suaminya berlindung setelah berjuang mencari nafkah. Ketika seorang suami juga menemukan ketenteraman ketika bicara dengan sang istri, maka keluarga telah menemukan sakinahnya”

Masih menurut QS Ar-Rum ayat 21, istilah mawaddah warahmah memiliki arti cinta dan kasih sayang. Maka bisa Anda simpulkan, jika doa keluarga sakinah mawaddah warahmah memiliki makna kedamaian, cinta, dan kasih sayang.

Cara Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Setelah memahami maknanya, lantas bagaimana mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah itu? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan keluarga yang ideal menurut Islam ini.

  1. Menghargai Pendapat Masing-masing

Komunikasi adalah salah satu kunci suksesnya suatu hubungan, terutama dalam pernikahan. Untuk mencapai keluarga yang diliputi kedamaian, cinta, dan kasih sayang maka perlu saling menghargai pendapat pasangan. 

Suami perlu memiliki kepemimpinan, namun keputusan di dalam keluarga sebaiknya tetap diambil bersama. Dengan demikian, hubungan suami istri bisa terjalin makin erat.

  1. Selalu Mengingatkan dalam Kebaikan

Keluarga sejatinya adalah sumber keselamatan. Salah satu hal yang harus Anda dan pasangan usahakan adalah saling mengingatkan dalam kebaikan dan menjauhi larangan Allah SWT.

  1. Saling Memaafkan

Salah satu contoh sakinah mawaddah warahmah adalah saling memaafkan satu sama lain. Lagipula, manusia adalah ciptaan yang sering salah dan lupa, bukan? Oleh karena itu, selain komunikasi yang baik dan saling mengingatkan dalam kebaikan, pasangan sebaiknya selalu saling memaafkan.

  1. Mengutamakan Cinta dan Kasih Sayang

Ketika kasih sayang dalam keluarga semakin bertambah, maka ketenteraman dan kedamaian pun akan terus meliputi. Namun sebaliknya, keluarga bukan tempat pulang yang nyaman tanpa adanya kasih sayang dan rasa saling menghargai.

  1. Hak Suami dan Istri Terpelihara

Pada dasarnya, keluarga yang damai dan penuh kasih sayang tidak akan terwujud tanpa tunainya hak suami dan istri. Maka dari itu, saling memahami hak dan kewajiban satu sama lain bisa menjadi langkah pertama menuju keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

Akhir Kata

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya Anda mengerti bahwa maksud keluarga sakinah mawaddah warahmah sangatlah dalam, bukan sebatas ucapan lisan saja.

Bahkan suami dan istri wajib bekerja sama untuk mewujudkan lingkungan keluarga yang tenteram dan penuh cinta serta kasih sayang.

Hal semacam itu bisa mulai Anda ajarkan kepada anak sejak kecil, karena mereka akan selalu melihat dan mencontoh orang tuanya selama di rumah. Selain mengajarkan cinta dan kasih sayang di rumah, Anda juga bisa memilih sekolah yang tepat agar lingkungan anak ketika tumbuh semakin baik.

SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro berkomitmen untuk mencetak generasi unggul yang berakhlak mulia. Tidak hanya belajar tentang ilmu pelajaran, kami juga mendidik para siswa untuk saling menghargai sesama. Anda bisa menghubungi kontak yang tertera untuk informasi lebih lanjut.

Mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah memerlukan peran satu keluarga secara utuh. Semoga Anda dan keluarga selalu diliputi kedamaian dan kasih sayang, ya!


Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts