YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

5 Aktivitas Anak untuk Membantu Orang Tua di Rumah


Mengajarkan anak pekerjaan rumah akan berguna untuk masa depannya. Beberapa kegiatan berikut ini cocok untuk si kecil yang sedang belajar membantu orang tua.
membantu orang tua
membantu orang tua dalam islam, membantu orang tua di rumah, contoh membantu orang tua, manfaat membantu orang tua

Membantu orang tua adalah salah satu pendidikan yang bisa Anda ajarkan di rumah. Hal ini semata-mata untuk kebaikan sang buah hati, lho. Orang tua tentu perlu mempersiapkan anak-anaknya untuk mandiri di masa depan, bukan?

Lalu, kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan bersama anak tanpa membuatnya merasa “dipekerjakan”? Simak dan temukan jawabannya di artikel berikut.

Membantu Orang Tua dalam Islam

Membantu pekerjaan rumah adalah salah satu bentuk berbakti kepada orang tua. Bahkan hal ini telah tertuang dalam QS Al-Isra’ ayat 23, yang menjelaskan bahwa berbakti kepada orang tua adalah kewajiban.

Namun memberikan pengertian semacam ini tidak akan mudah untuk anak-anak yang baru masuk usia sekolah. Nah, Anda bisa mengajaknya melakukan beberapa aktivitas sederhana di rumah yang membuat anak merasa memiliki tanggung jawab dan terlibat dalam keluarga.

  1. Membereskan Mainan

Anak-anak adalah pribadi yang suka bermain. Tentu saja, Anda bisa membereskan mainan tersebut. Namun perlu bagi Anda untuk mengajak sang buah hati membereskan mainannya sendiri, dengan pendampingan Anda, tentunya.

  1. Membersihkan Bekas Makanan atau Tumpahan Air

Sekali waktu sang buah hati mungkin tidak sengaja menumpahkan minumnya atau bekas makannya berceceran. Daripada Anda menuruti emosi, sebaiknya Anda mengajak anak untuk mengelap tumpahan maupun membersihkan ceceran makanan.

Sambil menemaninya bersih-bersih, Anda bisa mengatakan bahwa ini adalah contoh membantu orang tua dan Anda sangat bangga padanya.

  1. Memisahkan Baju Kotor

Anda tentu sudah tidak asing dengan memisahkan baju kotor sebelum dicuci, bukan? Ini memang suatu pekerjaan yang bisa Anda lakukan sendiri. Namun melibatkan anak dalam hal ini akan meningkatkan kesadarannya dengan sekitar. Selain itu, Anda punya lebih banyak waktu untuk ngobrol dengan sang buah hati.

  1. Mengelap Debu

Membersihkan debu bisa menjadi kegiatan yang cocok untuk dilakukan sang buah hati. Hal ini bisa Anda mulai dengan memintanya membersihkan area belajarnya sendiri. Namun sebaiknya hindari waktu ketika sang anak bermain, karena sebagai orang tua pun Anda memahami rasanya me-time terganggu, bukan?

  1.  Mencuci Alat Makan

Salah satu manfaat membantu orang tua adalah menjadikan anak lebih mandiri dan aware dengan sekitarnya. Anda bisa membiasakan anak untuk mencuci alat makannya sendiri, agar terbiasa dengan lingkungan yang bersih dan rapi. 

Namun jangan lupa untuk menyiapkan tempat penyimpanan yang terjangkau oleh anak, ya.

Akhir Kata

Mengajak anak untuk membantu orang tua di rumah bisa menjadi sarana untuk bonding dengan buah hati. Tentu saja aktivitas yang dilakukan harus sesuai dengan usianya. Harapannya adalah agar di masa depan mereka bisa lebih mandiri.

Nah, lingkungan sekolah ternyata juga memengaruhi perkembangan dan pola pikir anak, lho. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih sekolah yang seimbang antara pendidikan akademik, agama, dan juga ekstrakurikuler.

SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro adalah sekolah unggul yang berkomitmen mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya mencetak generasi yang unggul dalam bidang akademik namun juga cinta agama dan menyayangi sesama.

Selain itu, ada berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang akan berguna untuk pertumbuhan anak di masa depan. Jangan ragu untuk menghubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Lebih dari apa pun, membantu orang tua juga merupakan salah satu pendidikan untuk anak. Hal-hal kecil yang ada di rumah akan menyiapkan anak untuk lebih mandiri di masa depan.


Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts