YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Inilah 7 Tips Agar Anak Giat Belajar di Rumah

 



Anak Anda merasa malas saat belajar? Bagaimana cara mengatasinya? Inilah 7 tips agar anak giat belajar di rumah sehingga prestasinya bisa meningkat.


Melihat anak yang malas belajar tentunya membuat orang tua khawatir. Terkadang anak merasa bahwa belajar adalah hal yang menakutkan dan tidak menyenangkan. Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena mereka tidak memahami mengapa seseorang harus belajar.

Lalu bagaimana cara agar anak kembali bersemangat dan giat dalam belajar? Jika anda adalah salah satu orang tua yang merasakan masalah ini, simak 7 tips agar anak giat belajar berikut ini.

7 Tips Agar Anak Giat Belajar

  1. Buat Suasana Belajar menjadi Menyenangkan

Anda pasti pernah mendengar sebuah kalimat “belajar sambil bermain”. Ungkapan ini tidak lain berhubungan erat dengan dunia anak yaitu bermain. PR para orang tua dan juga guru adalah bagaimana membuat suasana belajar tetap menyenangkan selayaknya sedang bermain.

Membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dapat dilakukan dengan memasuki dunia sang anak. Bahkan saat anak melakukan hobinya, anak juga bisa tetap belajar.

Ketika proses belajar berlangsung, biarkan anak mengungkapkan bagaimana perasaannya. Dalam hal ini orang tua mendampingi dan membantu mengarahkan sehingga tercipta suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.

  1. Cari Suasana Baru

Anak-anak biasanya cenderung bosan jika belajar dalam waktu yang panjang dan di tempat yang sama. Menghadap papan tulis, menulis di buku, dan menghafal akan membuat mereka cepat jenuh.

Sebelum kejenuhan itu menyerang, ada baiknya anda ubah suasana belajar. Salah satu cara agar anak semangat belajar selanjutnya adalah belajar di ruang ruangan sambil menikmati alam sekitar.

Atau bisa juga dengan membentuk kelompok belajar sehingga melatih anak untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan orang lain. Musik dan lagu juga bisa dimanfaatkan untuk selingan untuk menyegarkan kegiatan belajar.

  1. Sediakan Cemilan Favorit Anak

Belajar ternyata membutuhkan energi yang cukup banyak. Maka tak heran jika terkadang anak merasa lapar di tengah belajar.

Menyediakan cemilan favorit anak ketika ia sedang belajar tidak hanya membuat anak kembali berkonsentrasi. Namun juga bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar anak.

  1. Berikan Reward Seru dan Menarik

Agar lebih semangat belajar, anda juga bisa membuat sebuah permainan dimana jika anak berhasil melakukannya maka ia berhak mendapatkan reward. Reward dalam hal ini tidak selalu berupa materi atau benda. Adakalanya reward berupa pujian justru membuat keinginan belajar menjadi lebih kuat.

  1. Kenali Tipe Belajar Anak

Poin ini penting untuk dilakukan oleh guru maupun orang tua. Karena pada dasarnya, setiap anak memiliki tipe atau gaya belajar yang berbeda. Jangan sampai salah mengenalnya karena akan berdampak pada hasil belajar.

  1. Tidak Melulu Soal Nilai

Tips supaya anak suka belajar selanjutnya adalah tidak terlalu ambisi dengan nilai. Anda mungkin pernah mengetahui jika anak takut menunjukkan nilainya karena tidak sesuai keinginan orang tua. Hal ini ternyata berdampak pada menurunnya semangat belajar anak.

  1. Porsi Waktu Belajar dan Bermain yang Seimbang

Merasa bosan belajar memang wajar dirasakan oleh setiap anak. Jika anak mulai mengalami kebosanan, berikan waktu sejenak untuk istirahat. Bahkan jika dirasa porsi belajar sudah cukup, biarkan anak bermain.

Dengan mengatur porsi waktu antara belajar dan bermain secara seimbang, anak akan merasa hak bermainnya terpenuhi. Bagaimanapun mereka membutuhkan waktu tersendiri untuk melakukan hal-hal yang paling disukai.

7 tips agar anak giat belajar di atas dapat anda praktekkan kepada anak ketika jam belajar dimulai. Menghadapi anak yang malas dan tidak suka belajar memang membutuhkan kesabaran ekstra dan terus mengevaluasi metode yang digunakan.

Related Posts
SDMu SANG PENCERAH METRO
SD MUHAMMADIYAH SANG PENCERAH METRO Merupakan Masterpiece Persyarikatan Muhammadiyah Metro dalam membangun Pendidikan Unggul. "School of Excellence"

Related Posts

Posting Komentar