YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Seru, Ini 7 Rekomendasi Tema Mainan Edukatif Anak 5 Tahun

 

Anak-anak butuh banyak bergerak dan bermain. Anda bisa menyiapkan berbagai mainan edukatif anak 5 tahun agar fisik dan otak mereka terasah dengan baik.
mainan edukatif anak 5 tahun
mainan untuk anak 5 tahun laki laki, mainan untuk anak 5 tahun perempuan, mainan untuk anak 4 tahun, contoh permainan kreatif anak usia 4 5 tahun, mainan anak 3 tahun
Photo by Victoria Borodinova from Pexels

Anak-anak butuh banyak bergerak dan bermain, karena itu adalah dunia mereka. Anda bisa menyiapkan berbagai mainan edukatif anak 5 tahun agar fisik dan otak mereka terasah.

Pada mainan edukatif, anak-anak akan mempelajari banyak hal sambil bermain. Tanpa terasa mereka mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Mainan edukatif yang seru akan mudah digemari anak-anak dan membuat mereka betah bermain.

7 Rekomendasi Tema Mainan Edukatif Anak 5 Tahun

Ada begitu banyak mainan di dunia ini, tapi tak mungkin Anda memberikan semuanya untuk anak-anak. Kali ini, Anda akan menyimak 7 rekomendasi tema mainan yang tepat untuk anak 5 tahun.

1.      Alat Permainan Peran

Anak-anak berusia 5 tahun mulai mengembangkan imajinasi yang luar biasa. Inilah sebabnya ketika punya karakter kartun favorit, mereka akan membahasnya terus, bahkan membuat cerita baru dengan karakter tersebut.

Imajinasi ini adalah potensi luar biasa yang justru perlu Anda asah. Caranya adalah dengan memilihkan alat bermain peran, misalnya dokter-dokteran, atau alat untuk berperan sebagai chef. Lalu, apakah ada mainan untuk anak 5 tahun laki laki?

Sebenarnya tak ada hegemoni khusus yang membedakan antara mainan untukanak 5 tahun perempuan maupun laki-laki. Tinggal bagaimana Anda memberikan pengantar, sehingga anak-anak bermain dengan natural.

2.      Slime, Clay, atau Playdough

Anak-anak usia 5 tahun juga butuh banyak stimulasi sensorik dan motorik. Slime dengan tekstur yang unik akan menjadi sarana bagi anak-anak untuk menyalurkan emosi dan stimulasi sensorik.

Anda tidak harus selalu membeli slime di toko, karena mainan ini juga bisa dibuat sendiri, dan ini akan menjadi kesempatan menarik untuk anak-anak.

Menggunakan clay untuk membentuk vas atau pot sederhana adalah momen tepat untuk anak-anak bermain sambil mengembangkan motorik. Jika Anda tak bisa menyediakan clay, ganti saja dengan playdough yang saat ini sangat mudah didapatkan.

3.      Game Matematika dan Bahasa

Permainan matematika dan bahasa di sini bukan yang rumit atau melibatkan rumus-rumus tertentu.

Game matematika yang Anda pilih bisa bersifat sederhana, seperti mencocokkan angka dengan jumlah barang, atau menyeimbangkan berat kiri dan kanan timbangan, dan sebagainya. Untuk game bahasa, Anda bisa memilih flashcard nama-nama hewan, tulisan-tulisan sederhana, atau game kosakata.

4.      Balok Susun dan Lego

Permainan yang satu ini memang tidak pernah membosankan. Bermain balok susun dan lego akan membantu anak Anda untuk mengembangkan rentang konsentrasi dan melatih kesabaran. Anak-anak juga akan berimajinasi dengan bentuk-bentuk bangunan, hewan, robot, dan sebagainya.

5.      Permainan Papan

Anda punya banyak pilihan permainan papan (board games) untuk anak berusia 5 tahun. Mainan anak 3 tahun mungkin masih jarang yang berbentuk board games. Namun anak berusia 5 tahun sudah banyak yang bisa diajak bermain ular tangga, halma, scrabble, bahkan monopoli.

Permainan papan sangat penting karena pada usia 5 tahun anak-anak mulai mengembangkan sifat taat aturan. Dengan mengikuti aturan permainan, mereka juga akan mempelajari makna dan berlatih sportivitas.

Permainan papan yang selalu membutuhkan lawan main akan membuat anak-anak belajar berinteraksi dengan orang lain.

6.      Permainan Bernuansa Sains atau Budaya

Anak-anak berusia 5 tahun memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Ini bisa Anda wadahi dengan mainan bernuansa sains dan budaya. Sekarang sudah banyak tersedia mainan edukasi yang berkaitan dengan sains, seperti Water Science Kit, miniatur tata surya, dan sebagainya.

Ajarkan juga anak-anak budaya dengan permainan seperti dakon, bekel, maupun mainan tradisional lainnya. Inilah beberapa contoh permainan kreatif anakusia 4-5 tahun.

7.      Permainan Dominan Fisik

Jangan lupa bahwa anak-anak berusia 5 tahun punya banyak kebutuhan untuk bermain di luar ruangan. Ia perlu Anda asah untuk bermain di lapangan. Mainan yang bisa Anda siapkan untuknya misalnya bola sepak, lompat tali, bola basket, dan permainan olahraga lainnya.

Semua itu juga bisa Anda jadikan mainan untuk anak 4 tahun sehingga anak mulai terbiasa sejak dini.

Kesimpulan

Mainan edukatif ada banyak jenisnya, mulai dari yang murah hingga yang cukup merogoh kocek.

Kami di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro juga menyiapkan mainan edukatif yang mengasah kemampuan anak-anak di kelas. Kami yakin Anda dapat memilih mainan edukatif anak 5 tahun yang terbaik. Yang lebih penting, menyediakan waktu terbaik untuk bermain bersama anak.

Related Posts

Related Posts