YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Punya Tugas Penting, Inilah Kedudukan Ayah dalam Keluarga

 

Terkadang, sosok Ayah sedikit kurang menonjol ketimbang keberadaan Ibu di keluarga. Ketahui kedudukan Ayah dalam keluarga, agar Anda mengerti peran pentingnya!
kedudukan Ayah dalam keluarga
memahami kedudukan Ayah dalam keluarga, apa kedudukan Ayah dalam suatu keluarga, kedudukan Ayah dalam suatu keluarga, peran Ayah dalam keluarga, kedudukan seorang Ayah
Photo by Picsea on Unsplash

Kedudukan Ayah dalam keluarga tidak terbantahkan lagi memiliki tempat yang khusus. Keberadaannya dalam keluarga memiliki peranan penting. Selain bertugas untuk memenuhi nafkah, juga berperan untuk memberikan bekal pendidikan untuk buah hati.

Namun tidak dapat dipungkiri, memang terkadang sosok Papa atau Ayah, kurang begitu menonjol ketimbang sosok Mama atau Ibu. Sebab, ibulah yang memang hampir berurusan dalam semua urusan rumah, serta menjaga segala sesuatu di dalamnya tetap baik-baik saja.

Meski demikian, bukan berarti kedudukan Ayah dalam suatu keluarga tergeser begitu saja. Lantas, apa saja peran Ayah dalam keluarga?

Peran dan Kedudukan Ayah dalam Keluarga

Supaya semua anggota keluarga saling menghargai peran masing-masing, ada baiknya Anda mengajak mereka memahami sosok anggota keluarganya. Termasuk kedudukan ayah dalam keluarga.

1.   Menjadi Seorang Pemimpin

Mari memahami kedudukan Ayah dalam keluarga. Seorang Papa adalah pemimpin untuk semua, yakni istri dan anak-anaknya. Suami, bertugas menjadi nahkoda dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Beliaulah yang akan menjadi penentu, ke mana arah layar hidup semuanya.

Hal ini yang perlu untuk semua ketahui. Tanamkan pemahaman tentang kedudukan seorang Ayah kepada buah hati Anda, agar mereka lebih menghargai usaha sekecil apa pun oleh Papa. Baik usaha kecil atau yang besar.

2.   Mampu Menjadi Pelindung

Apa kedudukan Ayah dalam suatu keluarga berikutnya? Selain menjadi pemimpin, suami juga harus memberikan perlindungan terhadap semua, dari potensi bahaya yang bisa datang dari mana saja. Baik itu berbentuk fisik atau nonfisik.

Ia harus mampu memberikan keamanan dan rasa nyaman, termasuk keamanan finansial untuk keluarganya. Meski begitu, beliau juga harus mampu memberikan ruang untuk anggota keluarga lain selama itu dalam koridor yang bertanggung jawab.

3.   Bersikap Adil Terhadap Semua

Selain memiliki tanggung jawab dan tugas besar, beliau juga harus mampu memperlihatkan sikap adil. Semua keputusan yang diambil, harus bersifat objektif. Ketika terjadi sebuah konflik, harus mampu menjadi penengah yang menjernihkan persoalan.

Semua anggota keluarga juga memiliki hak. Maka seorang Papa yang baik wajib memberikan kasih sayang dan perhatian setara agar tidak menimbulkan kecemburuan.

4.   Pencari Nafkah

Dalam kehidupan berumah tangga, tentu setiap anggotanya memiliki kebutuhan masing-masing dan beragam. Termasuk soal kebutuhan pangan, sandang, papan dan lain sebagainya. Di sini peran seorang Papa, yakni mencari pendapatan demi memenuhi semua kebutuhan.

Di zaman sekarang, memang tugas ini sudah terbilang fleksibel. Suami Anda pun bisa berbagi tugas dengan Anda dalam mencari uang. Namun demikian, bagaimanapun tugas ini menjadi utama milik Papa, terlebih ketika tidak ada hambatan lain.

5.   Memberikan Contoh Perilaku Baik untuk Buah Hati

Berikutnya adalah memberikan atau menanamkan sikap yang baik pada si Kecil yang sedang tumbuh kembang. Berdasarkan penelitian dari University of Maryland School of Medicine, buah hati yang dekat dengan Papa cenderung jarang berbuat onar dan masalah.

Di sini, Papa bisa mengajari nilai-nilai kebaikan, agar sang buah hati berkembang menjadi sosok dengan pribadi mengesankan.

Kesimpulan

Demikianlah sekelumit pembahasan mengenai kedudukan Ayah dalam keluarga. Memiliki rumah tangga yang harmonis, bahagia dunia akhirat adalah dambaan semua orang. Untuk bisa mencapainya, semua anggota memiliki peranan penting.

Seorang Papa harus mampu menjadi sosok panutan dan teladan untuk semua.

SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro juga menerapkan cara untuk membantu murid belajar dengan lebih baik, termasuk dalam meneladani peran orang tua.

Pastikan putra putri Anda mendapatkan pendidikan terbaik di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro, sekolah islami dengan sistem pendidikan yang mampu memaksimal potensi anak.

Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts