YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Kenali Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki dan Perempuan

 

Masa puber adalah masa ketika anak mulai beranjak dewasa. Kenali ciri-ciri pubertas anak laki laki dan perempuan berikut ini, supaya Anda dapat memberikan pemahaman kepada anak
Aciri ciri pubertas anak laki laki dan perempuan
ciri ciri pubertas anak perempuan adalah, pubertas adalah, tahap pubertas manusia terjadi pada usia antara, ciri ciri pubertas anak laki laki, perbedaan ciri ciri pubertas anak laki laki dan perempuan

Peralihan dari masa anak-anak menuju usia tanggung, kemudian cukup umur, terkadang membuat seseorang kaget. Jika Anda adalah orang tua dengan usia anak menjelang remaja, maka ada baiknya untuk mengenali ciri ciri pubertasanak laki laki dan perempuan Anda sejak dini.

Apa Itu Pubertas?

Pubertasadalah penanda ketika anak Anda sudah beranjak dewasa, di mana terjadi peralihan fisik yang berbeda ketimbang sebelumnya. Tahap pubertas manusia terjadi pada usia antara 8 hingga 13 tahun untuk perempuan. Sedangkan laki-laki, pada umur 10 sampai dengan 16 tahun.

Pada fase ini, akan terjadi transisi internal dan eksternal pada badan. Kemudian, penambahan postur berupa tinggi badan hingga perkembangan organ vital. Umumnya, mereka juga akan menghasilkan keringat lebih banyak, dan kulit wajah mudah berminyak.

Lalu, adakah perbedaan ciri-ciri pubertas pada anak lelaki dan perempuan? Apa saja?

Perbedaan Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki dan Perempuan

Secara umum, ini dia ciri-ciri yang membedakan masa puber anak lelaki dan perempuan.

1.   Kemunculan Jerawat

Ciri-ciripubertas anak perempuan satu ini sangat umum terjadi. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh anak lelaki maupun perempuan.

Pada fase ini, aktivitas hormon perkembangbiakan akan bertambah, hingga memicu produksi kelenjar minyak. Apabila terus diproduksi dalam jumlah banyak, maka akan memicu masalah kulit di wajah.

2.   Menstruasi

Kemudian, karakteristik berikutnya adalah mengalami menstruasi, yakni keluarnya darah dari vagina akibat siklus bulanan. Hal ini merupakan bagian dari proses transisi bagian reproduksi anak perempuan. Umumnya akan terjadi teratur selama 4 pekan sekali.

Berdasarkan informasi di situs Hello Sehat, umumnya anak Anda akan mulai mengalami hal ini pada umur antara 16 hingga 18 tahun.

3.   Pertumbuhan Buah Dada

Tanda-tanda ini paling umum dialami ketika remaja putri mulai memasuki tahapan akil baliq. Dalam tahapan ini, terjadi perkembangan dada, umumnya dengan adanya benjolan kecil di sekitar puting.

4.   Mulai Mengalami Perubahan Suara

Selanjutnya beralih ke ciri-ciri pubertas anak laki laki. Pertanda khas pertama yang kerap terjadi adalah pembesaran laring atau tempat pita suara, yang berdampak pada pergantian suara. Alhasil, suara akan membesar dan terdengar lebih berat.

Lalu, terjadi pecahnya suara, di mana hal ini adalah normal terjadi. Sebab, ada perkembangan ukuran di dalam organ tersebut. Hal ini bisa terjadi hingga beberapa bulan, hingga akan berkembang sempurna pada usia 17 tahun.

5.   Tumbuhnya Rambut pada Sekitar Bagian Intim

Kemudian, tanda-tanda lainnya yang terjadi anak anak laki-laki dan perempuan adalah mulai bertumbuhnya rambut di sekitar area seksual. Namun seiring waktu berjalan, pada remaja laki-laki, bulu-bulu tersebut juga akan bertumbuh ke sekitar bagian paha hingga pusar.

Tidak hanya itu, kemunculan rambut juga akan terjadi pada kaki, tangan, ketiak, dada hingga wajah.

6.   Mengalami Mimpi Basah

Pertanda berikutnya ini juga sering terjadi pada anak laki-laki. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena mereka mengalami pelepasan sperma saat tidur. Ereksi yang terjadi tanpa disengaja ini memang normal. Dan hal ini, adalah bagian dari proses bertumbuh dewasa, bahkan tidak dapat untuk Anda cegah.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ciri-ciri pubertas anak laki laki dan perempuan. Saat berada di tahapan ini, maka akan terjadi transisi jasmani. Jika anak-anak Anda mengalaminya, sebaiknya orang tua juga memberi ruang untuk berkomunikasi, diskusikan bersama, kemudian menemani mereka melewati masa ini.

Pastikan Anda tetap berkomunikasi agar buah hati mendapatkan pemahaman serta tidak terlalu terkejut dengan segala perubahan alamiah yang perlahan terjadi.

Kami, SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro juga menerapkan cara-cara ini untuk membantu murid belajar dengan lebih baik, termasuk memberikan pendidikan tentang masa peralihan ini. Pastikan putra putri Anda mendapatkan pendidikan terbaik di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro, sekolah islami dengan sistem pendidikan yang mampu memaksimalkan potensi siswa didik.


www.sdmusp.sch.id
Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts