YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Ciri-ciri Orang Tua yang Pilih Kasih, Ketahui Dampaknya pada Anak

 

Banyak orang tidak sadar, sikap pilih kasih terhadap anak bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mental buah hati. Ketahui ciri-ciri orang tua yang pilih kasih
ciri ciri orang tua yang pilih kasih
ciri ciri orang tua tidak sayang anak, sakit hati karena orang tua pilih kasih, dampak buruk orang tua pilih kasih, merasa dibedakan oleh orang tua, akibat orang tua pilih kasih pada anak
Photo by Kat J on Unsplash

Pernahkah Anda merasa mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari Ayah dan Ibu? Atau justru terdapat ciri-ciri orang tua yang pilih kasih yang ada pada dalam diri Anda sendiri? Hal ini patut untuk Anda ketahui.

Anda bisa saja memiliki buah hati kesayangan di dalam bagian keluarga. Namun demikian, Anda wajib bersikap secara adil kepada mereka. Dengan begitu, akan menghilangkan rasa kecemburuan satu sama lain.

Anda juga harus memahami bahwa perlakuan yang membuat buah hati merasa dibedakan oleh orang tua, akan berdampak kurang baik untuk mereka. Salah satunya adalah kesehatan mental pada masa tumbuh kembang hingga nantinya dewasa.

Penyebab Berat Sebelah pada Si Kecil

Sulit untuk dipungkiri, terkadang Ayah atau Ibu mendapatkan kenyamanan dengan buah hati satu ketimbang yang lainnya. Hal tersebut bisa terjadi lantaran beberapa faktor. Antara lain persamaan minat, kegemaran, atau sifat.

Kecocokan karakter hanya pada satu buah hati saja tanpa Anda sadari akan memunculkan sikap memihak satu ketimbang yang lain. Hal ini akan menimbulkan sebuah perlakukan yang berbeda pada sosok ‘favorit’.

Faktor usia juga bisa menjadi alasan berikutnya. Yang kerap terjadi, Ayah dan Ibu cenderung bersikap lebih tegas kepada putra atau putri pertama, ketimbang yang paling kecil. Dalam budaya Indonesia, kerap disebut istilah memanjakan buah hati. Padahal, semua membutuhkan perhatian dan perlakuan yang sama.

Kemudian, faktor keuangan juga bisa menjadi pemicu. Terkadang tingkat kasih sayang juga berbeda lantaran satu buah hati lebih mampu meringankan beban finansial ketimbang yang lain.

Ciri-ciri Orang Tua Tidak Sayang Anak Secara Adil

Anda harus mulai menyadari apakah selama ini sudah berlaku adil terhadap putra dan putri Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengevaluasinya untuk melakukan perubahan sikap.

Jika Anda lebih suka mengobrol pada salah satu buah hati saja, maka segera kurangi dan hentikan kebiasaan tersebut. Anda bisa saja melakukan ini tanpa sadar. Namun, hal ini hanya akan membuat buah hati lainnya merasa terabaikan. Sebab, ia kurang mendapatkan interaksi yang sepadan ketimbang yang lain.

Memiliki buah hati favorit juga bisa memicu persoalan berikutnya. Apalagi, ketika Anda sering membicarakan, atau  membanggakannya ke banyak orang. Misalnya, salah satu putra Anda mendapatkan prestasi akademik yang baik. Sebaliknya, sang adik tidak mendapatkan prestasi sepadan. Ini akan memicu keberpihakan.

Dampak Buruk Orang Tua Pilih Kasih

Setiap buah hati sangat bergantung dari perhatian dan dukungan dari Ayah dan Ibunya. Apabila mendapatkan itu semua, maka mereka akan lebih memiliki motivasi dalam memperlihatkan perkembangan yang baik. Anda harus tahu akibat orang tua pilih kasih pada anak.

Setiap buah hati bisa mengalami sakit hati karena orang tua pilih kasih. Kemudian, ada pengaruh terhadap kondisi emosional dan mengganggu kesehatan mentalnya. Alhasil, pertumbuhan intelektual mereka juga terhambat.

Buah hati akan rentan mengalami penurunan harga diri dan stres. Mereka cenderung akan merasa tersaingi dengan sang kakak atau adik, tidak saling mendukung dan berpotensi berusaha menjatuhkan. Kepercayaan diri juga rendah.

Kemudian, timbul rasa benci yang bisa terbawa hingga nanti dewasa. Lalu, memperlihatkan perilaku agresif dan tidak pantas di lingkungan keluarga, sekitar maupun sekolah. Mereka juga berpotensi menjadi sosok manja, keras kepala dan merasa superior enggan mengikuti aturan yang berlaku.

Kesimpulan

Demikian beberapa ciri-ciri orang tua yang pilih kasih yang wajib Anda ketahui. Pastikan akan memberikan cinta dan kasih sayang yang setara. Dengan demikian, akan tercipta kedekatan dan kehangatan dalam keluarga.

Perilaku tersebut hanya akan menimbulkan dampak negatif pada buah hati. Sehingga tidak sikap saling mendukung.

Di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro, kamu menerapkan cara-cara untuk membantu murid belajar dengan lebih baik, termasuk memberi pemahaman bersikap adil sejak dini. Pastikan putra putri Anda mendapatkan pendidikan terbaik di Sekolah islami SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro.

Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts