YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

Cara Bersyukur kepada Allah yang Mudah Diamalkan dalam Kehidupan

 

Bersyukur adalah bentuk rasa terima kasih atas apa yang Anda punya dalam hidup. Ada banyak cara bersyukur kepada Allah yang bisa Anda amalkan setiap hari
cara bersyukur kepada Allah
cara bersyukur kepada Allah dalam kehidupan sehari hari, mengapa kita harus bersyukur kepada Allah, contoh cara bersyukur kepada Allah, cara untuk bersyukur kepada Allah, cara agar selalu bersyukur kepada Allah
Photo by Simon Maage on Unsplash

Bentuk rasa terima kasih atas berkah nikmat, rezeki, kehidupan, kebahagiaan, atau bahkan kesulitan dalam kehidupan ini, bisa diwujudkan dengan sikap bersyukur. Ada banyak cara bersyukur kepada Allah yang sederhana dan dapat Anda amalkan setiap hari.

Manusia memang terberkati dengan begitu banyak berkah dalam kehidupan, bahkan tidak bisa terhitung. Salah satunya, Anda bisa menikmati udara segar secara gratis setiap hari. Kemudian sinar matahari yang menghangatkan dan menghindarkan dari gelap.

Dengan selalu bersikap demikian, Anda akan lebih mampu menyikapi segala hal dalam hidup secara positif. Maka, segala perasaan yang bersifat negatif, kemarahan, kebencian, iri, dengki, akan terganti dengan pemikiran positif pula.

Cara Bersyukur kepada Allah dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah cara bersyukur kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari yang bisa Anda terapkan.


1.   Selalu Mengingat Berkah dari Yang Maha Kuasa

Mengapa kita harus bersyukur kepada Allah? Pada Alquran Surat Al-Baqarah: 152, tercantum bahwa setiap umat Islam wajib untuk mengingat Allah SWT sebagaimana Dia mengingat para umatNya. Manusia harus mensyukuri segala nikmat yang mereka dapat.

Dalam ayat tersebut, semua kondisi baik senang maupun sulit harus Anda sikapi dengan tanpa keluhan. Hal ini sekaligus menjadi bentuk sikap bahwa Anda tidak meragukan keagungan Tuhan, sang Maha Segalanya yang mampu merubah apapun, termasuk peruntungan hidup manusia dengan sekejap.

2.   Tidak Lupa Berbagi dengan Sesama yang Lebih Membutuhkan

Contoh cara bersyukur kepada Allah berikutnya adalah senantiasa berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan. Anda harus ingat bahwa ada orang lain yang juga berhak dalam harta yang Anda miliki. Hindarilah sikap kikir.

Biasakan untuk melakukan kegiatan amal sedekah. Pemberian tersebut tidak memandang sedikit atau banyak, namun yang terpenting adalah Anda memberikan dengan ikhlas. Jangan ragu untuk berbagi jika Anda mampu.

3.   Menjaga Segala Nikmat Sebaik Mungkin

Dengan segala karunia dan kebahagiaan dari Allah Swt. yang melimpah, maka gunakanlah itu semua dengan baik. Misalnya dengan senantiasa menjaga kata, perbuatan, dan hati.

Saat Anda mendapatkan rahmat berupa kesehatan, maka wajib untuk Anda jaga. Hindarkan diri Anda dari segala penyakit dengan hidup sehat.

Kemudian, gunakan kesehatan itu pula untuk menghindarkan dari penyakit hati atau sikap yang memicu berkurangnya keimanan dalam diri Anda.

4.   Selalu Mengucap “Alhamdulillah”

Cara untuk bersyukur kepada Allah berikutnya adalah mengucap bacaan tahmid ini. Ucapan lisan yang sederhana ini bisa Anda ucapkan setiap saat sebagai bentuk rasa bahagia Anda mendapatkan keberkahan. Sebab, segala kebaikan berasal dari Sang Pencipta.

5.   Terus Taat Beribadah

Cara agar selalu bersyukur kepada Allah berikut ini wajib Anda lakukan. Taat dalam melakukan ibadah adalah wujud nyata dalam berterima kasih atas karunia yang Anda dapatkan dari Sang Pencipta.

Sebab, pada dasarnya Anda harus menjalankan ibadah sebagai bentuk menjalani perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Kesimpulan

Begitu banyak cara bersyukur kepada Allah yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Agama Islam memberikan ajaran agar Anda tetap bersikap demikian. Anda harus menerima apa saja yang Anda dapatkan dari Sang Pencipta.

Maka, hindarkan diri Anda dari sikap mengeluh terhadap semua yang terjadi dalam kehidupan Anda, entah itu dalam suasana senang atau sulit. Meski terkesan mudah, namun tidak semudah yang Anda bayangkan. Sikap ini perlu untuk Anda pupuk sejak dini, termasuk pada buah hati.

SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro menerapkan cara untuk membantu murid belajar dengan lebih baik, termasuk rasa bahagia atas nikmat Sang Khalik.

Untuk pendidikan terbaik, daftarkan putra putri Anda di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro, Sekolah islami dengan sistem pendidikan yang mampu memaksimal potensi anak.

Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts