YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

6 Langkah Ampuh Cara Agar Anak Percaya Diri di Sekolah

Rasa takut dan minder dapat menjadi penghalang anak dalam belajar. Bagaimana cara agar anak percaya diri di sekolah? Simak cara-caranya di sini.
Cara agar anak percaya diri di sekolah
Cara membuat anak percaya diri dan berani, cara guru menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa, cara mengatasi siswa yang kurang percaya diri di kelas, cara mengatasi anak pemalu dan penakut, cara meningkatkan percaya diri pada Anak SD

Masa balita hingga kanak-kanak adalah masa di mana otak berkembang dengan cepat. Namun, seringkali rasa minder menghalangi anak dalam belajar. Penting bagi orang tua dan guru untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. Bagaimana cara agar anak percaya diri di sekolah? Simak berikut ini.

1.      Ajarkan Bahwa Gagal itu Hal Wajar

Salah satu hal yang membuat anak merasa minder adalah takut akan kegagalan. Bantu anak memahami bahwa gagal dan salah dalam belajar itu merupakan hal yang wajar. Justru dari trial and error anak dapat lebih memahami apa yang dia kerjakan.

Salah satu praktik nyata dalam hal ini adalah dengan tidak memarahi anak ketika mereka kurang memahami materi atau salah dalam mengerjakan tugas. Jangan menggunakan kata-kata yang kasar dan merendahkan. Sebaliknya, rangkul anak dan bantu dia belajar dari kegagalannya.

2.      Apresiasi Usaha yang Anak Lakukan

Cara membuat anak percaya diri dan berani berikutnya adalah dengan memberikan apresiasi. Tidak hanya ketika anak berhasil saja, tetapi apresiasi juga usaha yang dia lakukan meskipun gagal. Tanamkan pola pikir bahwa proses lebih penting daripada hasil.

Hal ini akan mendorongnya menjadi lebih gigih terutama dalam menghadapi kegagalan. Kemampuan untuk tidak menyerah dan bangkit dari kegagalan adalah skill yang akan bermanfaat pada masa depan anak nantinya.

3.      Dorong Anak untuk Bertanya

Kemampuan tiap siswa menyerap informasi berbeda-beda. Ada anak yang cepat memahami sesuatu dan ada pula yang memerlukan lebih banyak waktu. Cara mengatasi siswa yang kurang percaya diri di kelas adalah dengan mendorong mereka untuk bertanya.

Tegaskan bahwa tidak ada yang namanya pertanyaan bodoh. Biarkan anak bertanya mengenai apa yang dia bingungkan, bahkan hal sepele sekalipun. Ini dapat berlaku di sekolah maupun di rumah.

Ketika anak masih tidak paham, jangan menghardik dengan kasar. Justru Anda perlu mencari cara lain untuk menjelaskan agar lebih mudah dimengerti.

Kebiasaan dan keberanian untuk bertanya tidak hanya membangun rasa percaya diri pada anak. Namun, juga membuat anak mampu untuk berpikir kritis pada hal-hal yang dia amati di sekitarnya.

4.      Buat Lingkungan Belajar yang Menyenangkan

Berikutnya, cara mengatasi siswa yang kurang percaya diri di kelas adalah dengan mengusahakan untuk memberi lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk belajar. Anak memang perlu menghormati orang tua dan guru, tetapi jangan mengajar dengan memanfaatkan ketakutan dalam diri anak.

Ketika anak merasa takut, perkembangannya akan terhambat. Dia juga akan kesulitan dan tidak berani bertanya. Pastikan orang tua dan guru dapat memberi respon yang baik sehingga anak merasa nyaman.

Selain itu, buat suasana belajar menjadi seru dan menyenangkan. Misalnya melalui permainan atau aktivitas-aktivitas ringan lainnya. Beri kegiatan-kegiatan di mana anak berinteraksi dengan teman-temannya.

Suasana-suasana demikian akan memberi anak motivasi lebih untuk belajar. Terlebih, pada anak yang masih usia dini dan senang bermain. Ini dapat menjadi cara meningkatkan percaya diri pada anak SD.

Photo by Ben White on Unsplash

5.      Buat Target-Target Kecil

Berikutnya, cara gurumenumbuhkan rasa percaya diri pada siswa adalah dengan memberi anak target-target kecil dan masuk akal. Ini pun dapat Anda terapkan di rumah. Tidak apa-apa jika mereka berprogres dengan pelan atau hanya baby step.

Sesekali memberikan tugas-tugas yang menantang memang bagus untuk perkembangan anak. Namun, jika semua tugas terlalu sulit malah akan menyebabkan anak merasa cemas dan minder.

Hal tersebut dapat menyebabkan mereka ragu dengan diri sendiri. Biarkan anak berprogres sedikit demi sedikit melalui capaian-capaian kecil yang mampu dia lakukan. Rasa senang ketika berhasil akan menjadi penyemangat bagi anak untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

6.      Beri Kritik dan Saran yang Membangun

Dan terakhir, cara mengatasi anak pemalu dan penakut yaitu dengan memberikan feedback yang positif. Hindari perkataan yang merendahkan, apalagi di hadapan kelas atau di depan orang banyak.

Jangan menggunakan kata-kata seperti "bodoh", "tolol", dan "tidak bisa". Kata-kata tersebut tidak hanya membuat anak merasa malu, namun juga membuatnya merasa rendah diri.

Ketika anak mengalami kegagalan, jangan hanya fokus mengkritik namun beri juga saran yang membangun. Bantu anak memahami apa yang dapat dia perbaiki pada kesempatan berikutnya.

Itulah beberapa cara membuat anak percaya diri di sekolah. Langkah-langkah mengembangkan rasa percaya diri juga dapat menciptakan hubungan yang positif dan sehat dengan anak. Metode pembelajaran inilah yang diterapkan di SD Muhammadiyah Sang Pencerah Metro.

Kami menerapkan cara agar anak percaya diri di sekolah dalam berbagai kurikulum pembelajaran. Ini sangat penting untuk mendorong potensi anak agar berkembang dengan maksimal. Sehingga anak Anda akan menjadi lebih cerdas dan berani.

Ilham Azzam Khairurrizqi,M.Pd

www.sdmusp.sch.id


Related Posts

Related Posts