YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

7 Tips Jitu Memilih Sekolah Dasar Terbaik Untuk Anak

 



Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan untuk memilih sekolah dasar yang bagus dan berkualitas bagi anak Anda.

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan berkualitas. Masuknya ajaran baru di setiap tahun juga membuat para orang tua harus cermat dalam memilih sekolah dasar yang bagus dan cocok bagi buah hati mereka.

Kualitas dan mutu dari sebuah pendidikan bisa diibaratkan sebagai pabrik, apabila pabrik tersebut bermutu dan berkompeten, otomatis produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik pula.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan panduan untuk memilih sekolah dasar yang bagus dan berkualitas bagi anak Anda.

Tips Memilih Sekolah Dasar Untuk Anak

Sesuaikan dengan Minat dan Bakat Anak

Ketahuilah dan pahami karakteristik dari sang buah hati, jika dia memiliki ketertarikan untuk belajar agama dan mengaji, Anda dapat menempatkannya di sekolah dasar Islam. Usahakan untuk tidak  memaksakan kehendak sang anak dan berikan kebebasan bagi mereka untuk memilih apa yang disukainya.

Pilih Lokasi Sekolah yang Strategis

Ada baiknya Anda mencari sekolah yang cukup dekat dengan rumah, hal ini bertujuan agar  memudahkan Anda dalam memantau dan mengawasi perkembangan sang Anak.

Selain itu, para orang tua juga harus memastikan bahwa lokasi sekolah cukup aman dan dekat dengan pusat keamanan dan kesehatan, seperti kantor polisi dan rumah sakit.

Sesuaikan dengan Budget dan Kondisi Keuangan

Sangat disarankan bagi para orang tua untuk memilih sekolah dasar berdasarkan anggaran yang dimiliki. Jika memiliki dana lebih, Anda dapat memilih sekolah dasar swasta.

Kelebihan SD swasta yaitu biasanya memiliki kualitas yang lebih baik. Namun bila dana terbatas, Anda dapat memilih SD Negeri karena biayanya yang lebih terjangkau.

Pertimbangkan Kualitas Tenaga Pengajar

Guru yang cerdas dan terampil akan menghasilkan murid yang teladan dan baik. Dalam hal ini, Anda harus lebih observatif dalam mengamati kualitas dan sepak terjang para guru di suatu sekolah. Anda dapat menilai kapasitas seorang guru dengan melihat kualitas dan prestasi siswa dari sekolah tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menilai kualitas dan kemampuan dari tenaga pengajar dengan melihat cara mereka bergaul dan memperlakukan murid-muridnya.

Ketahui Program Ekstrakurikuler yang Ditawarkan

Pastikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang berada di suatu sekolah cocok dengan minat sang anak. Cara mencari sekolah ini cukup efektif agar anak semakin antusias dalam menuntut ilmu.

Untuk memastikan apa saja program minat bakat yang ditawarkan suatu sekolah, Anda dapat mencari informasi di brosur promosi atau menanyakannya kepada staf pengajar sekolah tersebut.

Perhatikan Prestasi yang Pernah Diraih Sekolah

Segala jenis prestasi baik itu akademik dan non akademik yang pernah diraih sekolah menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Pastikan anak Anda sudah berada di tempat yang tepat untuk mendidiknya menjadi orang yang sukses dan berprestasi di bidangnya.

Ketahui Jenis Kurikulum yang Digunakan

Kurikulum merupakan pedoman, panduan dan metode mengajar di sekolah. Fungsinya yaitu untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan efektif. Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui dan memastikan bahwa jenis kurikulum yang diterapkan di suatu sekolah sudah cocok bagi anak Anda.

Berbagai tips memilih sekolah dasar di atas bisa dijadikan acuan bagi Anda untuk mendidik anak menjadi manusia yang berkualitas dan berilmu. Usahakan untuk tetap memandu dan monitoring pendidikan sang buah hati walaupun Anda telah menempatkan mereka di sekolah yang berkualitas sekalipun.


Ilham Azzam Khairurrizqi,M.Pd

www.sdmusp.sch.id

Related Posts
SD SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts