YpbnII0FN1f46YefAvIEUSgpDWrBERS7WLQQkJGW

7 Kiat Sukses Mendidik Anak


 

Setiap orang tua memiliki konsep parenting berbeda-beda. Jika Anda termasuk orang yang mendidik anak dengan konsep islami,berikut kiat suksesnya.

 

Kehadiran buah hati memang menyempurnakan sebuah keluarga dimana tangis dan tawanya mampu memberikan kehangatan. Setiap orang tua juga akan merasakan kebahagiaan yang tak ternilai saat menyaksikan anaknya tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, mereka akan melakukan apapun agar anak mendapatkan yang terbaik dalam hal pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Tapi, peran orang tua tidak hanya memberikan fasilitas terbaik dan materi berlimpah, yang terpenting adalah memberikan pendidikan karakter. Sebagai madrasah pertama, orang tua sudah sepatutnya menerapkan konsep parenting yang tepat agar kelak anak tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Jika Anda termasuk orang tua yang melakukan parenting islami, berikut ada 7 kiat sukses mendidik anak sesuai islam.

1. Ajari Dasar Dasar Islam Sejak Dini

Ketika Anda memutuskan untuk mendidik anak dengan islamic parenting, maka dasar-dasar islam harus dikenalkan kepada anak sejak ia berusia 3 tahun. Anda dapat mulai mengajari dari kalimat tauhid dan disusul bacaan lain secara bertahap.

Cara ini juga dianjurkan oleh Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq dalam kitab Al Amali.

2. Biasakan untuk Mengajak Anak Sholat

Cara mendidik anak menurut islam berikutnya adalah biasakan untuk mengajak anak sholat. Anda juga harus memberi contoh bagaimana cara wudhu dan sholat sejak mereka masih kecil sehingga mereka hafal gerakan dan do’a-do’anya. Kebiasaan sholat sejak kecil akan memperteguh iman mereka.


3. Bimbing Anak untuk Belajar Mengaji

Mengaji adalah salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Oleh karena itu, mengajarkan anak mengaji termasuk wajib hukumnya, apalagi Al-Qur’an adalah salah satu rukun iman dalam islam.

Anda dapat mengenalkan bacaan Al-Qur’an sejak anak masih dalam kandungan. Misalnya dengan mengaji di dekat perut atau rajin mendengarkan audio murotal.

4. Ajak Berpuasa

Puasa juga termasuk rukun islam yang wajib dilakukan oleh semua umat islam. Jadi, Anda juga harus mengajarkan tata cara berpuasa sesuai syariat yang benar.

Mulai ajak mereka berpuasa sejak usia 6 tahun. Ajari pelan-pelan dengan puasa setengah hari atau selang seling sampai anak kuat.

5. Didik Anak untuk Selalu Jujur

Berikutnya, ajarkan anak untuk selalu berkata jujur kepada siapapun sejak kecil. Apresiasi kejujuran anak ketika ia mengakui hal yang mungkin tidak Anda suka. Karena sikap jujur akan membentuk ia menjadi manusia yang lebih baik nantinya.

Untuk melatih kejujuran anak, Anda harus sering mengobrol dan berdiskusi dengannya. Buat anak-anak nyaman untuk menceritakan apapun yang ia ingin ceritakan.

6. Perhatikan Lingkungan Bermain Anak Anda

Ketika anak mulai mengenal lingkungan sekitar, tugas Anda sedikit lebih berat karena harus mengenal juga bagaimana lingkungan tersebut.

Usahakan anak untuk selalu berada di lingkungan yang positif agar terhindar dari pengaruh negatif. Bahkan Rasulullah SAW pernah berkata jika lingkungan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam karakter seseorang.

7. Bacakan Kisah Teladan Nabi dan Rasul Sebelum Tidur

Secara psikologi mendidik anak cara islam dapat dilakukan dengan membacakan kisah teladan nabi dan rasul sebagai dongeng sebelum tidur.

Anak-anak lebih mudah mengingat tokoh dan karakter dalam cerita. Jadi, secara tidak langsung Anda juga menanamkan nilai kejujuran, kesabaran, ketaatan, dan tolong menolong yang biasanya ada dalam kisah tauladan.

Jadi, itulah 7 kiat sukses mendidik anak sesuai islam. Dalam hal ini, Anda harus sabar dan konsisten dalam menanamkan nilai-nilai islam. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan usahakan untuk selalu ada untuk mendengarkan mereka.

Related Posts
SDMu SANG PENCERAH METRO
Sekolah Dasar Islam Unggulan Kota Metro "School of Excellence"

Related Posts